Nilai Kemanusiaan dalam Akun Instagram Komunitas Manusaya @manusaya.project sebagai Dukungan Kepada Anak-Anak LPKA Salemba Jakarta (Analisis Isi Kualitatif)

Instagram adalah salah satu media baru yang termasuk dalam media sosial. Instagram merupakan media sosial yang efektif dalam penyampaian pesan, karena jutaan orang sudah mempunyai akun Instagram dan aktif menggunakannya.

Salah satu akun Instagram yang menyampaikan pesan khusus adalah @manusaya.project. Akun ini mengunggah foto disertai teks foto yang mengandung Nilai Kemanusiaan untuk mengajak masyarakat, agar tidak memberikan stigma kepada anak-anak LPKA Salemba, Jakarta yang sedang berhadapan dengan hukum. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dan teori isi media untuk memahami bagaimana akun Instagram@manusaya.project menyampaikan nilai kemanusiaan dalam teks foto yang diunggah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan metode analisis isi kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan terhadap teks, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis isi kualitatif sebagai metode utama dalam memahami nilai kemanusiaan pada akun instagram @manusaya.project. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai kemanusiaan dalam akun Instagram @manusaya.project yang disampaikan melalui teks foto yang diunggah. Adapun unsur-unsur dalam nilai kemanusiaan, meliputi kebenaran, kedamaian, cinta kasih, kebajikan dan tanpa kekerasan.

DOI: https://doi.org/10.22236/komunika.v7i1.5564

Full PDF : https://journal.uhamka.ac.id/index.php/komunika/article/view/5564/1931

This Website Support by : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *