Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Manajemen Pelaporan Kegiatan Berbasis Web Peringatan Berbasis Email

Prosiding Seminar Nasional Teknoka - 2, Tahun 2017. Kegiatan ini didukung oleh Bukalapak.com, Penerbit Erlangga, Jakarta., dan UWENAKE.

Abstrak

Pentingnya kualitas perangkat lunak memang masih diperhadapkan pada banyaknya standar kualitas yang ada. Para ahli rekayasa perangkat lunak tampaknya masih memerlukan sedikit waktu untuk menetapkan sebuah standar tunggal yang dapat menggugurkan standar-standar kualitas yang banyak ini. Di sisi lain, pencapaian kualitas perangkat lunak tidak bisa menunggu sampai standar tunggal itu ditetapkan. Tujuan dari penelitianĀ  yaitu mendapatkan nilai kualitas perangkat lunak sistem manajemen pelaporan. Penelitian ini dilakukan dengan teknik kuantitatif. Penelitian ini adalah penerapan dari teori-teori mengenai kualitas perangkat lunak, dan dilakukan sebagai pembuktian teori-teori tersebut. Secara skematik,Metode penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan kumpulan data,komputasi numerik (metric) dan komputasi numerik (indikator). Hasil yang diperoleh berupa pengumpulan data pada perangkat lunak, perhitungan komputasi numerik dan perhitungan indicator kualitas ISO 9126 yang meliputi indkator kualitas fungsional, indicator kualitas reliabilitas, indicator kualitas usabilitas, indicator kualitas effisiensi, indicator kualitas maintainabilitas, dan indicator kualitas portabilitas. Berdasarkan hasil tersebut, maka ditarik kesimpulan sesuai tujuan penelitian dengan hasil pengujian indikator kualitas ISO 9126 yang terdiri dari hasil 0.1435 fungsionalitas, hasil 988 reliable, hasil 0.4429 usability, hasilĀ  11.5316 person-month, 2.33 Pemeliharaan, hasil 5 portabilitas dan persentase pencapaian kualitas 83.3%.

Author Biographies

Ritzkal Ritzkal, Universitas Ibnu Khaldun, Bogor

Fakultas TeknikMoh Subchan, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Muhammadiyah Banten

Program Studi Sistem Informasi

References

[1] Ritzkal, Goeritno, A. & Purwanto, E.H, Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem E-Learning Menggunakan Metric Function Oriented, Seminar Nasional Teknologi dan Informatika (SNATIF)2017, Kudus 25 Juli 2017.

[2[ Ritzkal, Implementasi Manajemen Pelaporan Kegiatan Berbasis Web Dilengkapi Sistem Peringatan Berbasis E-Mail Dengan Menggunakan ISO 9126, Jurnal Teknois, STIKOM BINANIAGA, p.85.(2011).

[3] Arfan, Aulia. 2010. Implementasi Pengukuran Kualitas pada Perangkat Lunak Menggunakan Metode Lines of Code (LOC) dan Function Point (FP). Departemen Ilmu Komputer. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

[4] Hariyanto, Bambang, 2004. Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Informatika, Bandung.

[5] ISO/IEC 9126.1991. Information Technology-Software Product Evaluation- Quality Characteristics and Guidelines for Their Use. 1st ed. International Organization for Standardization.

[6] Longstreet, David. Function Point Analysis Training Course [pdf], http://www.softwaremetrics.com/Function%20Point%20Training%20Booklet%20New.pdf (5 Juli 2011).

[7] Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor.

[8] Pressman, Roger S. 2007. (terjemahan) Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku 1). Ed.2. Andi, Yogyakarta.

[9] Hutabarat, Bernaridho I. Portabilitas:Memahami Makna yang Tepat tentang Portabilitas. PC Media,ed.9, 2011.

[10] Simamarta, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Andi, Yogyakarta.

[11] Sommerville, Ian. 2007. Software Engineering. 8th ed. Pearson Education Limited, Harlow.

[12] Whitten, Jeffery L., Bentley, Lonnie D. and Dittman, Kevin C. 2004. (terjemahan) Metode Desain dan Analisis Sistem. Ed.6. Andi, Yogyakarta.

Full PDF : https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/755/299

This web supported by : www.uhamka.ac.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *